Written by 4:33 am Cara

Cara Kerja Bitcoin Yang Benar

Bagi sebagian orang mungkin tidak asing dengan bitcoin. Namun bagi pemula yang baru saja terjun ke dunia ini, akan bertanya banyak hal. Seperti apa itu bitcoin? Kegunaan bitcoin? Siapa pencipta bitcoin? Dan masih banyak lainnya. Bitcoin pertama kali dikenalkan pada tahun 2008 dan sekarang sudah banyak orang yang menggunakannya. Sebagai mata uang digitalnya, tentunya memiliki cara kerja yang harus anda pahami. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara kerja bitcoin yang benar.

Pengetahuan Dasar Tentang Bitcoin

bitcoin merupakan mata uang digital yang proses pembuatan dan transfer berdasarkan sumber jaringan enkripsi protocol terbuka serta independen dari otoritas pusat. Saat ini nilai jual bitcoin sangat tinggi, mencapai 95 juta rupiah per koinnya. Proses transfer bitcoin bisa menggunakan laptop, PC atau smartphone tanpa melalui pihak ketiga atau perantara lembaga keuangan. Atau system yang melakukan proses peer to peer.

Konsep ,mata uang digital pertama ini diperkenalkan pada tahun 2008, oleh seorang programmer pseudonim bernama satopshi nakamoto. Dia menuliskannya dalam sebuah paper dengan jumlah Sembilan. Mengenalkan system pembayaran elektronik peer to peer dan pertama kali dimulai pada 3 januari 2009. 

Dengan menggunakan bitcoin memungkinkan transfer proper, transaksi pseudonim atau nilai lainnya. Penyimpanan bitcoin bisa dilakukan di dalam perangkat lunak khusus yang mampu menyimpan kunci terenkripsi. Atau lebih dikenal dengan dompet online. Dompet online atau wallet kripto ini disediakan oleh pihak ketiga. Anda harus melakukan pendaftaran dan menggunakan layanan yang mereka berikan. Anda juga bisa mengirimkan bitcoin kemana saja melalui internet ke siapa saja, asalkan memiliki alamat bitcoin.

Tidak adanya system topologi peer to peer atau tanpa perantara pada jaringan bitcoin atau tiada entitas manajemen pusat, membuat lembaga mana pun atau pemerintah tidak memiliki otoritas mengontrol penerbitan atau distribusi bitcoin. 

Keuntungan Menggunakan Bitcoin

Di beberapa Negara, bitcoin bisa digunakan untuk transaksi pembayaran. Seperti rupiah atau mata uang lainnya. Apalagi bitcoin memiliki karakteristik matematis. Bitcoin mempunyai potensi besar karena memiliki sifat tiada batas. Memungkinkan bitcoin memiliki nilai mikro yang bisa dikirimkan tanpa batas dan biaya. Bahkan banyak yang berpikir bahwa bitcoin di masa depan bisa membuka banyak kemungkinan transaksi dan layanan yang belum terbayangkan sebelumnya.

Bitcoin bisa dijadikan solusi pembayaran yang efisien. Terutama yang menyangkut pemberian donasi atau tip lewat internet. Donasi ini akan lebih mudah terlihat masyarakat umum dengan memiliki solusi keuangan lebih baik. Selain itu transparansi lebih besar bagi organisasi nirlaba. Apalagi dalam kondisi darurat, bitcoin bisa menjadi donasi yang lebih cepat dan efektif. Terutama untuk mencari respon dari luar negeri, karena proses transfernya lebih cepat., sekarang semakin banyak proyek crowdfunding yang menggunakan bitcoin.

Proses Diciptakan Bitcoin

Pasti anda pernah bertanya, seperti apa proses diciptakannya bitcoin. Melihat nilai jualnya sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan emas dan lainnya. Penciptaan mata uang digital virtual ini, melalui program open source dihubungkan melalui sebuah jaringan yang dibangun khusus untuk tujuan mata uang digital ini. 

Berbeda dengan mata uang lainnya, mata uang digital ini tidak tergantung dengan penerbit pusat atau pemerintah atau lembaga lainnya. Mata uang ini diperintah oleh sebuah algoritma matematika kompleks yang terenkripsi. Algoritma tersebut merupakan blok bangunan dari sebuah protocol. 

Mata uang digital bitcoin memakai basis data terdistribusi yang tersebar di seluruh node jaringan peer to peer. Basis data ini digunakan untuk mencatat transaksi. Selain itu digunakan untuk menyediakan tugas keamanan dasar. Misalnya untuk menghindari pengeluaran ganda, memastikan kepemilikan bitcoin dan lainnya. Sehingga tingkat keamanan dari uang digital ini tetap terjaga dengan baik.

Semua transaksi mata uang digital ini tercatat disebuah buku besar yang digunakan oleh semua pengguna jaringan. Jika ada pengguna yang melakukan pembayaran atau mendapatkan bayaran dengan bitcoin, maka transaksi tersebut akan tertulis di buku besar umum tersebut. 

Mesin yang bertugas menjalankan algoritma protocol bitcoin, akan bersaing mengkonfirmasi transaksi tersebut. Caranya dengan memecahkan persamaan matematika komplek kemudian blok tersebut diproses. Mesin akan menjalankan proses tersebut atas usaha yang dilakukan. Proses ini dikenal juga dengan nama pertambangan atau mining. Proses pertambangan ini menjadi hal penting dalam dunia bitcoin.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin

Bitcoin pertama kali dikenalkan pada tahun 2008, namun jaringan penambangan bitcoin pertama kali dikenalkan satoshi nakamoto sekitar tahun 2009. Semua PC yang terhubung dengan jaringan tersebut bisa melakukan penambangan bitcoin. Saat itu tidak terlalu banyak orang yang melakukan penambangan bitcoin. Selain itu system protokolnya juga dibuat seperti itu., 

Dengan bitcoin beroperasi dalam jaringan peer to peer, maka semua orang yang terhubung dijaringan tersebut, akan ikut membantu memproduksi bitcoin. Pada proses pembuatan mata uang kertas, pemerintah memiliki wewenang untuk memutuskan kapan uang dibuat dan bagaimana proses pendistribusiannya. 

Tetapi pada mata uang bitcoin memiliki system terdesentralisasi, atau pemerintah pusat tidak memiliki wewenang untuk proses pembuatan dan pendistribusiannya. Proses cara kerja bitcoin melalui penambangan dengan menggunakan perangkat lunak khusus. Perangkat lunak ini digunakan untuk memecahkan sebuah masalah matematika yang rumit.

Penambang harus menginstal sebuah perangkat lunak di komputer atau mesin mereka. Kemudian menjalankan perangkat lunak tersebut dan mengeluarkan bitcoin sebagai hadiah atau imbalannya. Sehingga untuk mendapatkan bitcoin memang tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan proses penambangan yang rumit dan panjang. Hal ini juga membuat banyak penambang bersaing untuk melakukan proses penambangan sebanyak-banyaknya. Semakin banyak orang yang melakukan penambangan, semakin aman jaringan tersebut.

Dengan otomatis, jaringan bitcoin akan menyesuaikan kesulitan pemecehan matematika. Hal ini tergantung dengan berapa cepat penambang memecahkan masalah tersebut. Ketika pertama kali bitcoin dikenalkan, tidak terlalu banyak penambang. Sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan menggunakan komputer atau laptop spesifikasi rendah. Tapi dengan bertambahnya penambang, komputer yang digunakan juga semakin canggih. Tidak bisa menggunakan desktop biasa, karena kesulitan pemecahan masalahnya semakin rumit.

Seorang penambang bitcoin, tidak bisa langsung mendapatkan hadiah sejumlah bitcoin. Mereka membutuhkan waktu sekitar 6 kali per jamnnya. Hadiah tersebut akan didistribusikan ke semua penambang sesuai kemampuan komputasi yang digunakan atau disebut sebagai hast rate. Semakin tinggi hash ratenya semakin cepat pula kemampuan mendapatkan bitcoin.

Setiap penambang memiliki kesempatan mendapatkan bitcoin bagian mereka. Ketika menjalankan software penambang bitcoin atau program pihak ketiga, maka otomatis anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan mata uang digital tersebut. 

Kegiatan membuat bitcoin dikenal dengan istilah mining. Kegiatan ini memiliki kesamaan dengan proses penambangan emas. Banyaknya jumlah bitcoin yang didapatkan, tergantung dengan kekuatan pemprosesan yang disumbangkan ke jaringan bitcoin terkait. Jika semua kekuatan pemrosesan digabungkan maka memiliki proses yang semakin cepat dan kuat.

Setiap batch menghasilkan bitcoin dalam jumlah terbatas dan tidak lebih dari 50. Setiap empat tahun sekali, jumlah ini akan mengalami penyusutan. Bahkan mencapai 0, sehingga jumlah total bitcoin yang diproduksi tidak pernah mencapai 21 juta bitcoin. 

Semua penambang di seluruh dunia di jaringan bitcoin, harus bersaing untuk memecahkan masalah kriptografi yang menggunakan blok kandidat. Masalah tersebut membutuhkan trial and error yang berulang terus menerus, supaya bisa dipecahkan. Sehingga dengan jumlah yang terbatas, semua penambang harus bersaing untuk memecahkan masalah dan mendapatkan bitcoin.

Ketika satu node berhasil memecahkan masalah, maka akan diumumkan ke node lain di jaringan bitcoin. Kemudian akan mengklaim batch baru dari bitcoin tersebut. Selain melakukan penambangan secara mandiri atau individu, anda juga bisa melakukan penambangan secara kelompok atau dikenal dengan istilah pool. Banyak orang berkumpul untuk melakukan penambangan kolektif, sehingga proses penambangan lebih cepat. Kemudian hasil yang didapatkan dibagikan ke semua penambang di kelompok tersebut.

Tempat Penyimpanan Bitcoin

Untuk menyimpan bitcoin, anda harus memiliki sebuah dompet kripto atau wallet crypto. Dompet ini disediakan oleh pihak ketiga, dengan menyediakan perangkat lunak yang bisa digunakan pada gadget, komputer atau laptop anda. Dompet ini bisa digunakan untuk menyimpan bitcoin dan melakukan transaksi secara online. Proses transaksinya hampir mirip dengan proses pengiriman email.

Kekurangan dari dompet bitcoin ini adalah tingkat keamanannya. Oleh karena itu anda harus memilih penyedia pihak ketiga yang terpercaya. Selain itu harus membuat kata sandi yang bagus dan menggunakan perangkat yang canggih, sehingga tingkat keamanannya lebih terjaga dengan baik. Jika terjadi masalah pada perangkat anda, bisa mempengaruhi tingkat keamanan dari dompet bitcoin anda.

Supaya tidak mudah terkena virus atau malware, anda harus rutin memperbaharui cadangan perangkat offline. Berikut ini pihak ketika yang menyediakan software dompet bitcoin yang terpercaya.

    Jaxx

    Electrum

    Bitcoin.com

    Coinomi

    Myecelium

Anda bisa instalasi software ini di perangkat anda dan melakukan proses pendaftaran. Kemudian bisa langsung menggunakan dompet bitcoin yang disediakan.

Cara Mendapatkan dan Membeli Bitcoin

ada banyak cara untuk mendapatkan bitcoin. Misalnya dengan melakukan penambangan, membeli, memenangkan hadiah atau dari pertukaran layanan. Cara paling mudah mendapatkan bitcoin tanpa modal melalui bitcoin faucet atau giveaways. 

Bitcoin faucet menawarkan bitcoin gratis dalam jumlah kecil. Namun sekarang untuk mendapatkannya semakin sulit dan harus bersaing dengan penambang lainnya. Anda juga bisa ikut dibeberapa program giveaways, yang memberikan hadiah mata uang digital lainnya dan bisa ditukar ke dalam bentuk bitcoin. 

Jika anda memiliki modal investasi, bisa membeli bitcoin ke bursa bitcoin. Belilah bitcoin saat harganya rendah, kemudian menjualnya kembali saat harganya tinggi. Salah satu penyedia bitcoin terpercaya di Indonesia adalah indodax.com. anda bisa membeli bitcoin dengan menggunakan mata uang rupiah. Sehingga memudahkan proses transaksinya. Bisa membayar melalui kartu kredit, debit atau transfer bank.

Dengan semua penjelasan diatas, anda jadi lebih tahu apa itu bitcoin. Seperti apa cara kerja bitcoin dan bagaimana mendapatkan keuntungan yang besar dari transaksi bitcoin. Mempelajari bitcoin bisa dilakukan secara otodidak. Apalagi sekarang banyak situs yang memberikan materi gratis tentang mata uang digital ini. Demikian informasi yang bisa kami berikan, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. 

Deskripsi cara kerja bitcoin sangat mudah dipelajari dan bisa memberikan keuntungan yang berlimpah buat anda.

Last modified: November 25, 2021