Written by 11:29 am Info

Ketahui Sejarah Bitcoin, Mata Uang Digital Saat Ini

Sudah 11 tahun kemunculan mata uang bitcoin di dunia. Sekarang menjadi salah satu mata uang yang memberikan keuntungan besar. Cryptocureency pertama di dunia ini sudah mulai dinvestasikan oleh banyak orang. Bahkan sekarang muncul cryptocureency lainnya, yang tidak kalah menguntungkan dibandingkan bitcoin. Tahun 2008 yang lalu, penemu pertama bitcoin satoshi nakamoto mengeluarkan sebuah paper akademis sebanyak Sembilan halaman dengan judul bitcoin a peer to peer electronic cash system. Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejarah Bitcoin do dunia.

Tahun Awal Bitcoin 2008-2010

Transaksi bitcoin pertama kali dilakukan secara rahasia atau privat. Tidak ada yang tahu pasti bagaimana dan kapan transaksi tersebut dilakukan. Tapi banyak komunitas kripto yang percaya, bahwa transaksi pertama dilakukan nakamoto dengan developer hal finey. Bahkan banyak yang berspekulasi bahwa finney yang telah meninggal tahun 2014 yang lalu adalah satoshi nakamoto.

Penggunaan bitcoin sebagai mata uang digital berkembang terus menerus. Mata uang ini pertama kali mendapat perhatian public pada mei 2010. Kemudian hari itu dikenal sebagai bitcoin pizza day. Saat itu Laszlo hanyecz salah satu penggemar bitcoin, membeli dua pizza papa john dengan bitcoin. Ia menukarkan 10.000 bitcoin dengan dua pizza besar papa john. Sekarang jumlah tersebut senilai dengan uang sebesar 63 juta dollar.

Kepopularan Bitcoin 2013 – 2017

Bitcoin pertama kali dikenal tahun 2010, tapi tidak begitu banyak orang yang memperhatikannya. Sekitar tahun 2013, mulai banyak orang yang tertarik dengan mata uang digital ini. Apalagi di tahun 2013 terjadi inflasi besar dalam mata uang ini. Di tahun 2013, nilai mata uang digital melonjak tinggi. Dari 100 dollar per koin menjadi 1000 dolar perkoin hanya dalam waktu satu bulan. 

Kemudian tiga atau bulan selanjutnya, berkurang separohnya. Namun masih banyak orang yang tertarik dengan mata uang digital ini. Nilai jual bitcoin tidak mencapai 1000 dollar us lagi hingga tahun 2017. Bahkan hal itu langsung menarik perhatian media, yang awalnya menganggap bitcoin hanya sebuah lelucon saja. Salah satu media business insider menulis sebuah headline yang berjudul ‘ im changing my mind about bitcoin.

Sejak saat itu bitcoin memiliki nilai jual yang cukup menguntungkan. Tiga tahun kemudian, bitcoin memiliki harga sekitar 400 dollar us. Harganya tidak pernah diatas 650 dollar us atau dibawah 250 dollar us. Bahkan hal ini membuat bangkrutnya Mt Gox, salah satu exchange cryptocurrency pertama di dunia. Mereka mengajukan perlindungan kebangkrutan karena bursanya telah diretas hingga 500 juta dollar bitcoin dan juga 30 juta deposito tunai. Tentunya ini sangat merugikan mereka.

Bahkan peretasan tersebut disebut sebagai peretasan terbesar di dunia crypto. Selain itu membuat reputasi bitcoin menurun, karena dianggap sebagai aset investasi yang minim keamanan.

Terjadi Inflasi Bubble Bitcoin Tahun 2017

di tahun 2017 bitcoin mencapai puncaknya. Di tahun 2017 nilai jualnya meningkat tajam, dari sekitar 1000 dollar per koin menjadi 20.000 dollar per koin hanya dalam hitungan bulan saja. Kenaikan harganya ini dipengaruhi oleh fork bitcoin yang membagikan bitcoin cash dan bitcoin BTC. Hal ini terjadi setelah beberapa developer dari tiongkok, membagikan kode original bitcoin karena protes reuters atau kemajuan dari teknologi mata yang yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas menjalankan transaksi”

Di tahun 2017 institusi keuangan banyak yang terlibat dalam mata uang digital ini. Ada dua exchange dari amerika serikat yang terlibat yaitu Cboe dan CME. Mereka membuat platform yang bisa digunakan untuk trading futures bitcoin. Bahkan beberapa bank besar melakukan project yang berhubungan dengan bitcoin dan meningkatkan bubble harga bitcoin. 

Inflasi bubble ini terjadi sekitar natal 2017 atau beberapa minggu setelah futures dirilis sampai akhir januari 2018. Hal ini mengakibatkan nilai bitcoin turun drastis, yang semula 20.000 dollar perkoinnya menjadi 10.000 dollar perkoinnya. Selama awal 2018, bitcoin terus mengalami penurunan. Sampai akhirnya stabil dinilai jual 7000 dollar perkoinnya. Sejak juni 2018, harga bitcoin stabil di kisaran 6000 dollar hingga 7000 dollar. 

Di tahun 2019 ini harga bitcoin juga masih stabil diangka 7000 dollar us. Masih banyak orang yang mencoba investasi di mata uang digital ini. Karena memberikan keuntungan yang berlimpah. Apalagi harganya terus stabil diangka yang sama. Banyak orang yang khawatir bahwa bitcoin tidak akan bertahan lama. Namun ternyata bitcoin bisa bertahan hingga satu decade. Kita memang tidak tahuu, apa yang akan terjadi ke depannya. Apakah akan muncul mata uang digital baru dengan harga yang tinggi. Atau mata uang digital ini akan hilang atau punah dengan sendirinya. 

Banyak penggemar yang berpikir bahwa bitcoin mungkin akan berhasil di masa depan atau tidak. Hal ini sama dengan kemunculan internet pertama kali. Ke depannya investasi dalam bentuk mata uang digital akan semakin diminati. Banyak orang yang mulai sadar akan investasi di masa depan. Karena akan memberikan keuntungan yang besar.

Dengan berada di dalam rumah saja, sudah bisa menghasilkan uang yang berlimpah. Jenis pekerjaan akan berubah dengan seiringnya waktu. Karena hanya dengan internet bisa melakukan investasi dan berbagai pekerjaan. Dengan memahami sejarah bitcoin diatas, anda jadi lebih yakin untuk berinvestasi di mata uang digital ini atau tidak. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.Deskripsi sejarah bitcoin memberikan penjelasan bahwa mata uang ini telah memberikan peluang investasi besar bagi banyak orang.

Last modified: November 25, 2021