Spesifikasi Komponen Komputer yang Perlu Diperhatikan Untuk Mining Crypto

Saat ini mata uang digital semakin menarik para investor terutama karena memiliki nilai tukar dan harga yang sangat tinggi. Mata uang digital atau cryptocurrency ini terdiri dari banyak jenis mata uang namun yang paling sering digunakan adalah Bitcoin dimana harga satuan Bitcoin bisa mencapai hingga ratusan juta. Anda dapat memperoleh mata uang digital dengan cara penambangan atau umumnya dikenal dengan mining dan biasanya diperlukan PC mining untuk melakukannya.

Banyak yang membeli mata uang digital ketika harganya turun dan disimpan dalam jangka waktu lama kemudian menjualnya kembali ketika harganya sudah naik. Selain dengan membeli Bitcoin dari bursa pertukaran cryptocurrency, anda juga dapat memperoleh Bitcoin dan mata uang lainnya dengan menggunakan cara mining yang memerlukan PC dengan dukungan spesifikasi yang cukup.

Komponen dan Spesifikasi yang Diperlukan Untuk PC Mining

Proses mining atau penambangan terdengar cukup mudah dilakukan namun untuk melakukan mining, anda memerlukan perangkat berteknologi canggih untuk mendapatkan mata uang digital. Setidaknya anda harus memiliki spesifikasi PC mining yang tinggi dan canggih agar proses mining dapat berjalan dengan lancar.

Proses mining umumnya akan semakin sulit ketika anda berhasil memecahkan kode blockchain sehingga tidak bisa dengan menggunakan PC spesifikasi rendah. Proses pemecahan kode membutuhkan dukungan teknologi tinggi sebagai salah satu syarat mining. Berikut penjelasan mengenai komponen PC mining yang diperlukan. 

  1. Motherboard

Motherboard memiliki peran untuk menambah kinerja PC untuk mining dan menjadi salah satu komponen paling penting yang harus diperhatikan agar proses mining dapat berjalan lancar. Carilah motherboard yang menyediakan banyak adapter multi slot PCIe yang akan disambungkan ke GPU. Biasanya semakin banyak slot maka semakin mahal harga motherboard. Untuk permulaan, anda bisa memilih 2 slot yang umumnya memiliki rentang harga 900.000 hingga 1.500.000.

  1. Prosesor

Selain motherboard, prosesor juga mempengaruhi proses mining sehingga tidak terhambat. Anda bisa memilih prosesor dengan minimal i5 atau anda bisa memilih i7 jika memiliki budget lebih. Prosesor i5 juga sudah cukup untuk membantu anda mendapatkan penghasilan dari mining.

  1. Hard Drive

Hard Drive digunakan untuk menyimpan data dan menjalankan sistem operasi PC. Hard drive harus memiliki ukuran yang cukup karena kapasitas penyimpanan yang diperlukan untuk blockchain cukup besar. Setidaknya anda harus memiliki minimal hard drive berkapasitas 250 GB. 

  1. RAM

Sebenarnya dalam proses mining, tidak terlalu membutuhkan RAM yang banyak namun masih diperlukan untuk menjalankan sistem operasi dan program mining. Setidaknya anda memerlukan RAM 4 GB DDR4 namun jika anda memiliki kebutuhan lain, anda bisa menambahkannya menjadi 8 GB DDR4 agar PC anda berjalan lancar.

  1. Kartu Grafis

GPU memiliki peranan penting karena GPU yang digabungkan nantinya akan menjadi sumber utama dalam proses perhitungan untuk memecahkan kode-kode blockchain. Pilihlah kartu grafis berkualitas yang memiliki performa tinggi dan setidaknya yang memiliki waktu proses cepat sekitar 600 Mh/sec. anda bisa memilih dari merek NVIDIA atau AMD seperti R7900, GTX1060 6GB GDDR5 atau yang lebih tinggi lagi. 

  1. Power Supply

Untuk menjalankan dan menunjang kinerja PC mining, dibutuhkan power supply bertegangan tinggi karena daya yang dibutuhkan untuk menjalankan PC mining cukup besar. Komputer akan disuruh bekerja secara maksimal saat melakukan proses mining sehingga diperlukan daya yang sangat besar. Daya yang diperlukan juga tergantung dengan berapa banyak kartu grafis yang digunakan. Setidaknya anda memerlukan power supply sebesar 1000W untuk 2 kartu grafis atau lebih.

  1. Prosesor Fan

Daya yang cukup besar dan PC yang bekerja terus menerus akan membuat PC cepat panas dan malah akan mengurangi kinerja PC. Carilah kipas prosesor yang tangguh dan kipas tambahan jika diperlukan untuk membantu meningkatkan sirkulasi udara yang akan mengurangi panas pada prosesor. Anda juga bisa meletakkan PC pada ruangan dengan sirkulasi udara baik atau di tempat ber-AC.

  1. Casing PC

Casing PC ini sebenarnya penting dan tidak penting bagi beberapa orang yang membutuhkan PC untuk mining karena disesuaikan dengan preferensi pribadi masing-masing. Bahkan ada yang menggunakan casing CPU tapi tetap dibiarkan terbuka agar tidak panas dan sirkulasi udara tetap lancar. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk PC Mining

Jika anda hanya bertujuan untuk menambang mata uang seperti Monero dan DOGE, anda bisa menggunakan PC dengan spesifikasi rendah dengan cukup menggunakan 1 kartu grafis dan mengandalkan prosesor. PC mining berspesifikasi tinggi cukup untuk menambang Bitcoin Cash, Litecoin, Bitcoin Gold, dan Zcoin. 

Perlu diingat bahwa anda harus menghindari ruangan tertutup untuk meletakkan PC dan memilih ruangan dengan sirkulasi udara yang baik bahkan lebih baik jika menggunakan bantuan kipas angin atau AC. Jika PC Mining sudah tersedia, anda bisa langsung menginstall software mining dan mulai menjalankannya. 

Deskripsi : PC mining merupakan perangkat yang dirancang khusus untuk mining yang biasanya membutuhkan spesifikasi tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.