Pahami Semua Hal Tentang Litecoin Mining Ini

Ketika masuk ke dunia mata uang digital, anda harus memahami semua istilah didalamnya. Tentunya anda sudah tidak asing dengan istilah mining. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling menyenangkan atau menarik di dunia kripto. Karena dari kegiatan inilah, anda bisa menambang pendapatan pasif berupa mata uang digital (kriptocurrency). Salah satu hal yang harus anda pahami adalah litecoin mining. Sebelum bermain di dunia ini, lebih baik pahami kegiatan tersebut secara mendalam.

Apa Itu Mining?

Mining adalah cara jaringan cryptocureency dan blockhain menjadi terdesentralisasi. Dengan begitu blockchain, tidak dikontrol oleh perusahaan atau sebuah operasi. Selain itu semua transaksi di blockchain harus dilakukan verifikasi dan konfirmasi terlebih dahulu. Selanjutnya block baru, bisa dimasukkan ke jaringan tersebut dan kemudian terbentuk blockchain.

Proses verifikasi transaksi berasal dari miners. Seorang miners harus memecahkan algoritma system yang menglengkapi block. Para miners mencoba untuk memecahkan algoritma yang pertama kali, sehingga mereka bisa mendapatkan koin. Semakin cepat semakin banyak pula koin yang akan didapatkan. Proses pemecahan algoritma ini membutuhkan komputer dan tidak semudah yang dipikirkan.

Dibandingkan mining lainnya, mining bitcoin yang paling popular dikalangan pencinta kripto. Karena bitcoin memiliki harga yang lebih besar dibandingkan mata uang digital lainnya. Karena kepopularannya, ada banyak pesaing yang harus anda lawan. Jika anda mencari koin yang tidak banyak pesaing, bisa menggunakan mata uang digital litecoin. Harganya tidak jauh beda dengan bitcoin dan memiliki banyak keuntungan.

Apa Itu Litecoin?

Sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu mining. Sekarang kita akan membahas tentang apa itu litecoin. Perumpamaannya, jika bitcoin adalah emas, maka litecoin merupakan perak. Jadi litecoin sama-sama mata uang digital, tapi memiliki harga sedikit lebih rendah dibandingkan bitcoin. Litecoin dibuat oleh Charlie lee, dia seorang mantan insinyur google dari fork kode bitcoin. Cara kerja litcoin juga mirip dengan bitcoin. Memiliki proses transaksi yang cepat dan bisa dijadikan metode pembayaran sehari-hari.

Litecoin dikenal oleh khalayak umum sekitar tahun 2011. Kemudian menjadi salah satu altcoins dengan nilai tertinggi setelah bitcoin. Bahkan menjadi pesaing berat bitcoin, sebelum akhirnya ethereum muncul. Walaupun setelah itu nilainya sedikit turun, litecoin masih menjadi pilihan mata uang digital terbaik di pecinta kripto. Bahkan lebih dari 200 bisnis online, yang menerima mata uang ini sebagai metode pembayarannya.

Mulai Mining Dengan Pertimbangan Yang Tepat

ketika ingin melakukan suatu hal, kita harus mempertimbangkannya dengan baik. Begitu pula saat ingin melakukan mining. Untuk melakukan mining kripto, ada berbagai criteria yang harus anda penuhi. Tahun 2018 yang lalu, jika ingin melakukan mining anda harus memiliki investasi dalam jumlah tertentu. Di awal kemunculan mata uang digital, proses mining bisa dilakukan di komputer dengan spesifikasi apapun. Tapi sekarang membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang lebih besar. Karena penggunanya semakin banyak dan membutuhkan proses kompetisi yang ketat.

Untuk mendapatkan rewards blok secara realistis, anda harus memiliki komputer khusus yang digunakan untuk mining. Anda juga harus memiliki dana tersendiri untuk membayar daya listrik yang digunakan untuk menjalankan perangkat mining. Apalagi harga daya listrik relative dengan harga cypto. Bahkan dibeberapa Negara, proses mining tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. 

Seorang coinvestors harus mempertimbangkan banyak hal untuk memperoleh keuntungan dari proses mining ini. Anda harus bisa mendapatkan keuntungan setiap harinya, setelah mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu anda harus mempertimbangkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menutup semua modal yang dikeluarkan dalam proses mining. 

Misalnya setiap melakukan mining, anda mendapatkan keuntungan 2 dollar setiap harinya. Sedangkan modal awal yang anda keluarkan sebesar 1000 dolar. Berarti anda membutuhkan waktu sekitar dua setengah tahun untuk mengembalikan semua modal tersebut. Asalkan harga litecoin tidak berubah. Jika meningkat berarti anda bisa lebih cepat mengembalikan modal. Dan jika turun, anda membutuhkan waktu yang lebih lama. Anda juga bisa mengalami kerugian yang semakin besar.

Cara Mining Litecoin

lalu bagaimana cara mining litecoin? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki wallet kripto yang bisa digunakan untuk menyimpan litecoin. Anda bisa menggunakan litecoin core wallet, yang didukung oleh berbagai developer ternama litecoin. Selanjutnya anda membutuhkan mesin mining. Anda bisa membeli perangkat yang dibuat untuk mining crypto atau membangun rig sendiri.

Bitmain merupakan salah satu perusahaan asal cina yang menjual perangkat mining terbesar di dunia. Mereka menjual berbagai komputer mining di websitenya. Mesin antminer buatan bitmain dirancang khusus untuk proses mining cryptocurrency. Mereka menawarkan berbagai kombinasi tenaga komputasi paling efektif dan efisien, sehingga bisa melakukan proses ROI terbaik. 

Anda bisa membuatnya sendiri dan membutuhkan proses yang cukup rumit. Jika ingin membuatnya sendiri, ada berbagai hal yang anda butuhkan, antara lain:

  • GPU atau graphics processing units yang memiliki levels tertinggi
  • Kipas atau alat pendingin, digunakan untuk meminimalisir risiko overheat pada system GPU
  • Scrypt mining software

Proses pembuatan rig ini disusun dari beberapa GPU, sehingga anda memiliki kesempatan yang lebih besar mendapatkan reward blok. Sehingga anda membutuhkan ruangan yang besar untuk menyimpan semua mesin mining tersebut. Selain itu anda harus memiliki daya listrik yang besar dan jaringan internet yang lancar. Karena proses mining harus dilakukan 24 jam penuh selama 7 hari. Anda bisa bayangkan berapa daya listrik yang dibutuhkan untuk proses ini, 

Jika anda berencana untuk hpld dalam waktu singkat. Bisa mendaftar di exchange crypto terlebih dahulu. Sehingga anda bisa memindahkan koin yang didapatkan dari proses mining. Anda juga bisa trading litecoin ke bentuk bitcoin, etherum atau altcoins lainnya. Tapi untuk menjalankan proses mining jangka panjang tidak sesulit yang dipikirkan. 

Anda harus bisa update semua informasi tentang mining ini. Apalagi kripto dan mining kripto sering mengalami perubahan. Untuk bisa menjangkaunya, anda harus mengikuti semua perubahan yang dilakukan di pasaran. Seperti teknologi yang digunakan, harga, proses dan lainnya.

Jika anda tidak ingin melakukan mining sendirian, bisa melakukan mining pool. Yaitu bergabung dengan beberapa orang untuk menyelesaikan transaksi blok kemudian memperoleh reward blok. Reward tersebut akan dibagikan ke semua orang yang bergabung. Tentunya keuntungan yang didapatkan lebih sedikit dibandingkan melakukan mining sendiri. Tapi keuntungannya anda bisa melakukan mining dengan modal yang lebih rendah.Cara lainnya dengan membeli saham operasi mining. Sebuah perusahaan biasanya melakukan mining farm atau mining rig dalam jumlah besar. Mereka membangun sebuah perangkat dalam jumlah besar dan lebih kompetitif, sehingga keuntungan yang didapatkan juga lebih besar. Apalagi sekarang sudah banyak perusahaan yang melakukan litecoin mining. Dengan memahami semua penjelasan diatas, anda bisa melakukan mining litecoin dengan lebih maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.