Ico dan peranannya bagi Pengguna Kripto

Initial Coin Offering atau sering disingkat dengan ico merupakan pilihan alternatif dari mekanisme penggalangan dana di mana startpup Blockchain mengeluarkan token crypto mereka sendiri dan menjualnya untuk tukar dengan Bitcoin atau ETH. Dengan Coin ini, para pengguna token bisa menggunakan token tersebut pada platform tertentu atau menjual token di Exchange sehingga akan mendapatkan keuntungan darinya. Hal penting yang perlu anda perhatikan adalah token bisa ditukar untuk barang atau layanan pada platform yang sudah ditentukan. Dengan demikian, anda harus benar-benar memahami peran dari coin ini agar nantinya tidak akan mendapatkan kerugian saat menggunakannya. 

Menurut pakar sendiri token adalah sebuah unit dari nilai yang diciptakan oleh suatu perusahaan untuk digunakan bisnis mandiri. Adapun token juga digunakan didalamnya untuk memberdayakan pengguna saat berkomunikasi atau berinteraksi dengan produk sembari memfasilitasi distribusinya dan membagi imbalan dan keuntungan untuk semua stakeholders. Pada dasarnya Coin offering ini mirip dengan Initial Public Offering (IPO) dimana biasanya investor akan membeli saham sebuah perusahaan. Perbedaan mendasar antara keduanya adalah pada pemegangnya. Coin Offering, pemegang token tidak memiliki modal pasti didalam perusahaan sehingga sebagai gantinya mereka akan memberikan kontribusi. Oleh karena itu, perusahaan tidak akan mempunyai obligasi yang nyata kepada kontributor untuk menepati janji mereka. 

Peran penting ico dalam sebuah perusahaan digital

Perlu anda ketahui bahwa token ico pada dasarnya akan menandakan kontribusi para pengguna token untuk memberikan investasi ke startup. Dengan kata lain, anda akan mendapatkan lebih banyak uang jika token yang diberikan banyak. Oleh karena itu, para pengguna token akan bisa membeli layanan perusahaan atau mereka juga bisa menjual token tersebut. Selain itu, sejak tahun 201 juga Initial Coin Offering juga sering digunakan untuk membiayai pembuatan cryptocurrency jika memang ada permintaan dari konsumen. Walaupun begitu, penting kiranya untuk kita mengetahui legalitas dari coin ini. Hal itu disebabkan karena legalitas dari koin ini belum bisa didefinisikan. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena idealnya token dijual bukan sebagai aset finansial akan tetapi lebih sebagai produk digital. Oleh karena itu, koin ini sering disebut juga sebagai Crowd Sale.

Disebagian besar wilayah, penggalangan dana melalui koin ini belum diatur karena sifat dari proses koin ini bersifat fleksibel, mudah, dan tidak perlu menggunakan perjanjian diatas kertas. Melihat dari sudut tersebut maka kita akan melihat beberapa pengacara yang setuju terkait dengan metode koin ini. Akan tetapi, setiap wilayah ada juga yang masih mengatur tentang koin ini dengan penjualan saham dan sekuritas pada umumnya. Oleh karena itu, meskipun sekarang ini legalitas koin masih bersifat kedaerahan akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dimasa yang akan datang koin ini akan diatur oleh pihak yang berwenang. Dengan demikian banyak pihak yang mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. 

ICO Smart Contract dan kelebihan dari ICO yang wajib di ketahui

Jika anda berkecimpung didunia digital ini maka anda tidak akan heran dengan ICO Smart Contract. Kontrak ini sendiri merupakan perjanjian antara perusahaan yang mengeluarkan ICO dan pemegang token. Disini, andalah yang akan membuat perjanjian dan tidak perlu bergantung pada broker, pengacara, ataupun perantara lain yang menginformasi. Kepercayaan dokumen anda juga akan di enkripsi pada buku besar bersama dan tidak mungkin seseorang mengatakan bahwa mereka kehilangannya. Selain itu, anda juga akan mendapatkan beberapa kelebihan dari token ini jika dibandingkan dengan token lainnya. Kelebihan pertama yang bisa anda dapatkan disini adalah harga token yang sangat mudah naik dan turun dan bisa menghasilkan keuntungan jika dijual atau dibeli pada waktu yang tepat. Hal ini mirip seperti bursa efek biasa. 

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang tertulis pada smart contract. Disini, anda bisa melakukan pertukaran uang, property, saham ataupun apapun secara transparan tanpa adanya konflik dan perantara. Hal terpenting yang bisa anda dapatkan disini adalah bahwa smart contract akan memberikan keamanan yang lebih unggul dari hukum kontrak tradisional serta bisa mengurangi biaya transaksi lainnya yang terkait dengan kontrak. Berbagai jenis mata uang kripto juga telah menerapkan jenis kontrak cerdas sehingga akan memberikan keuntungan bagi para penggunanya. 

Tips mudah menghindari Penipuan ICO

Penting kiranya untuk kita selalu waspada agar tidak tertipu karena setiap model bisnis ada orang baik dan juga orang yang kurang baik sehingga kita harus selalu waspada. Oleh karena itu, untuk menghindari kejahatan-kejahatan berkedok penipuan tersebut maka kita harus memiliki tim yang anonim dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli token. Penting bagi kita mencari tahu terkait dengan perusahaan dan tim yang terlihat mengetahui secara komprehensif. Selain itu, anda juga bisa melakukan penawaran yang terlalu menguntungkan. Hal ini bisa dilakukan jika pendapatan yang dijanjikan lebih tinggi dari rata-rata dan tentunya harus ada kalkulasi yang mendasarinya. Dengan begitu, anda bisa mencari tahu terkait hal tersebut sebelum membeli token. 

Adapun langkah terakhir adalah Roadmap dari perusahaan yang tidak jelas. Disini, jika ada perusahaan yang tidak jelas maka anda harus berhati-hati. Biasanya mereka akan memiliki alur yang terperinci setidaknya hingga tahun depan sejak token diluncurkan. Dengan demikian, mengetahui secara mendetail terkait ICO adalah hal penting untuk anda agar bisa mendapatkan keuntungan saat berbisnis terkait dengan kripto.

Deskripsi: ICO merupakan singkatan dari Initial Coin Offering yang bisa menjadi pilihan alternatif anda untuk mekanisme penggalangan dana berkaitan dengan token crypto.

Leave a Comment