Written by 8:13 am Info

8 Rekomendasi Bitcoin Mining Software Terbaik

Bitcoin Mining Software

Mining Bitcoin adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan cara memecahkan kode-kode matematika dengan menggunakan Bitcoin mining software dan hardware khusus mining sehingga sangat penting untuk menyiapkan hardware dan software sesuai kebutuhan. Software akan menjalankan dan memberikan statistik data selama proses penambangan sedangkan hardware akan menyelesaikan kode algoritma yang ada. 

Lihat juga aplikasi bitcoin mining

Dengan menggunakan Bitcoin Mining Software tentu pekerjaan menambang coin jauh lebih mudah dan tujuan mendapatkan coin yang ingin ditambang bisa tercapai. Nah berikut ini ada beberapa software mining terbaik yang bisa anda gunakan untuk menambang bitcoin atau jenis coin lainnya.

Rekomendasi Bitcoin Mining Software Terbaik

Banyaknya software yang ada saat ini memberikan fitur dan ketentuan yang berbeda-beda. Setiap software mining Bitcoin terbaik yang digunakan tetap harus didukung dengan perangkat yang sesuai dan software dapat digunakan sesuai kebutuhan dan pertimbangan seperti biaya listrik, harga software, potongan transaksi, dan pertimbangan lainnya.

1. CGMiner

CGMiner

CGMiner merupakan software mining yang cukup populer dan cocok digunakan bagi yang sudah berpengalaman dalam mining Bitcoin karena memiliki tampilan interface yang cukup rumit. CGMiner dijalankan menggunakan command line yang dapat digunakan pada Windows, Linux, dan Mac OS.

CGMiner bekerja dengan perangkat keras FPGA dan ASIC, memiliki banyak fitur untuk memudahkan mengatur manajemen dengan mudah dan memantau proses pertambangan secara keseluruhan termasuk mengontrol kecepatan kipas, opsi antarmuka, dukungan pool penambangan, tingkat, hash, dan jadwal jaringan.

2. BFGMiner

BFGMiner memiliki tampilan interface yang hampir sama dengan CGMiner, hanya saja yang membedakan adalah pengguna BFGMiner dapat tersambung ke pool mining dan akan otomatis terputus jika tidak dapat menjangkau pool mining atau yang tidak memberi keuntungan. Beberapa fitur BFGMiner yaitu statistik data proses penambangan yang detail, protokol penambangan eksklusif tanpa proxy, dan server proxy jaringan.

BFGMiner tidak berfokus pada GPU melainkan bekerja dengan ASIC yang dirancang khusus untuk algoritma penambangan SHA256 yang memungkinkan terhubung dengan pool mining. BFGMiner juga lebih hemat listrik dengan membatasi jaringan dari pool mining yang tidak memberikan respon. BFGMiner juga memiliki fitur yang dapat memeriksa suhu dan dilengkapi dengan driver untuk Bitcoin.

3. EasyMiner

EasyMiner merupakan software mining Bitcoin berbasis GUI yang mendukung protokol penambangan getwork dan protokol penambangan stratum. Protokol yang digunakan akan meningkatkan keamanan bagi wallet dan poll. EasyMiner juga dapat digunakan untuk mining pool ataupun solo namun untuk saat ini EasyMiner hanya dapat dioperasikan menggunakan Windows. 

Umumnya cryptocurrency memiliki alat baris perintah namun pada EasyMiner, terdapat antarmuka grafis yang sederhana sehingga pengguna dapat lebih mudah memahami navigasi proses penambangan. Terdapat juga pengaturan sehingga akan mempermudah dalam melakukan kegiatan lain.

4. Bitcoin Miner

Bitcoin Miner memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga lebih mudah digunakan dan dapat digunakan pada Windows dan Mac OS. Bitcoin Miner memiliki banyak fitur seperti dukungan pengiriman data yang cepat, dukungan pool mining, dan terdapat mode hemat daya agar tidak memakan banyak listrik.

Selain itu, Bitcoin Miner juga memiliki fitur pencatat laporan keuangan. Fitur ini akan membantu mencatat jumlah hasil yang didapatkan dan membantu pengguna mengetahui apakah hasil mining yang dilakukan memberikan keuntungan atau tidak.

5. MultiMiner

MultiMiner merupakan software berbasis GUI yang memiliki tampilan interface yang sangat sederhana dan user-friendly sehingga sangat cocok bagi yang baru ingin memulai menambang Bitcoin. Pengguna dapat memilih koin apa yang ingin terhubung ke FGPA, ASIC, GPU. MultiMiner dapat bekerja pada sistem operasi apa saja dan memungkinkan pengguna memilih koin yang ingin ditambang.

MultiMiner memiliki fitur seperti akses remot ke perangkat penambang, pilihan strategi penambangan, dan panduan yang tersedia untuk memberikan instruksi dan membantu pengguna menjalankan proses mining dan memahami istilah-istilah yang digunakan dalam mining Bitcoin. 

6. BitMinter

Perbedaan BitMinter daripada software mining lainnya adalah BitMinter telah memiliki pool mining sendiri sehingga jika pengguna sudah selesai registrasi ke BitMinter, pengguna bisa langsung mulai menambang tanpa perlu melakukan registrasi lainnya lagi. Namun pengguna BitMinter dikenakan komisi 1% yang harus dibayarkan mengingat BitMinter menyediakan layanan yang baik dan kenyamanan penggunaan. BitMinter dapat dioperasikan pada sistem operasi apapun.

Lihat juga cara daftar di bitcoin.co.id

7. Miner Server

Jika anda menggunakan Miner Server, anda harus bergabung dengan kelompok penambangan dan berbagi keuntungan dengan pengguna yang lain. Miner Server tersedia dalam berbagai pilihan paket dengan paket terendah yaitu $ 0.14. Rentang hash power yang didapatkan yaitu antara 250 hingga 600.000 GH/s tergantung paket apa yang dipilih di mana waktu kontrak yaitu selama 1 tahun. Terdapat juga fitur-fitur yang akan mempermudah pengelolaan penghasilan Bitcoin yang didapat.

8.  Phoenix Miner

Phoenix Miner merupakan Bitcoin mining software yang tersedia dalam paket gratis dan memiliki penambangan sumber terbuka yang dibuat pada tahun 2011. Phoenix Miner mendukung RPC, w/ LP, dan MMP di mana kernelnya dibuat secara otomatis dengan versi yang lebih baik dan akan selalu dikembangkan setiap saat untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Bitcoin mining software merupakan software untuk menghasilkan Bitcoin dengan cara memecahkan kode matematika dan dukungan hardware khusus dengan kemampuan komputasi yang tinggi.

(Visited 3 times, 1 visits today)
Last modified: July 17, 2020